Tuesday 13 October 2009

Sejarah Lalu untuk Sekarang


Ini cuma camilan sore yang kebetulan gw dapetkan dari sepotong roti dan secangkir teh panas. Tapi gw suka sama pernak-pernik tulisan ini. okay here we go...

Memang takdir nya kita itu berbeda, tapi memang tujuannya kita itu sama, dan kita memang harus bersatu

Kalau kita dengar tentang sumpah pemuda pada saat pelajaran sejarah, kita akan menemukan banyak sikap-sikap patriotik dari kalangan pemuda nasionalis Indonesia yang pada saat itu beramai-ramai membuat sebuah statement untuk bersatunya Indonesia lewat kongres pemuda terutama kongres pemuda II yang menghasilkan Sumpah Pemuda.

Di kala itu berbagai perwakilan dari Indonesia, mulai dari Jong Java, Jong Ambon, Jong Celebes bahkan sampai Tanah Pasundan berkumpul untuk berkongres dan menyatakan bahwa mereka satu sebagai Indonesia. Dan pada saat itu Sumpah Pemuda menggetarkan dunia dengan pernyataan satu identitas sebagai bangsa Indonesia.

Sekarang Indonesia telah merdeka (64 tahun terhitung sejak tahun 1945) dan sudah banyak yang kita lalui sebagai sebuah bangsa dengan identitas ke Indonesiaan kita. Namun kini Indonesia sudah menjadi sebuah bentuk yang baru lagi, yang mungkin pada saat itu mungkin belum terfikirkan oleh para pemuda-pemuda di tahun itu. Kemajemukan bangsa Indonesia yang kini semakin kaya dengan berbagai jenis budayanya dan masyaraktnya. Contohnya, sudah berapa banyak warga keturunan yang bukan warga Indonesia asli telah tumbuh dan berkembang di Indonesia.

Kaya gw yang kebetulan terlahir sebagai Cina keturunan Indonesia, juga ada yang orang arab keturunan, yang orang India keturunan, mungkin juga bangsa-bangsa lain yang sudah bercampu, semakin melengkapi variasi masyarakt Indonesia dan hingga kini tetap bersatu. Jujur, ini membuat sebuah kebanggan pada diri saya sebagai orang Indonesia, gila negara gw kaya sama jenis orang tapi tetap bisa solid. Dan Indonesia memang di takdirkan berbeda untuk bersatu bukan ??

hehehehe who's with me ??

source sejarah menyatakan bahwa orang cina juga berpartisipasi dalam sumpah pemuda www.sumpahpemuda.org

2 comments:

  1. I'm with u, mas Galang (manggilnya apa nih?). Selama 22th saya hidup di Indo masih sedikit banget yang menyadari itu, dan saya salut sama kamu yang berani blak-blakan menyuarakan suara yang seharusnya dimiliki seluruh bangsa. (coba semua orang kayak kamu, mantab deeh).Kalo kata orang Cina,, Jia youuuu, Galang (Baca ala orang Cina: Ka-lang)!!

    ReplyDelete
  2. Waduh galang, saya ray, orang indonesia (sunda pisaan) yang lama duduk di KL. Sungguh tersentuh dan bangga rasanya ada orang seperti galang. begitu melihat keturunan cina indonesia atau siapapun yang berbahasa indonesia, aku tidak peduli dia asal usulnya dari mana, yang penting dia dilahirkan dari indonesia, besar di indonesia dan berbahasa indonesia, akan saya anggap orang Indonesia. Dan sungguh, saya suka hormat bila ada orang cina dari indonesia datang ke KL, menggunakan bahasa Indonesia, karena itu membuat saya bangga menjadi orang Indonesia. Bagi saya yang penting adalah tingkah laku dan attitude. Mau keturunan cina, arab, atau orang asli kalau kurang ajar dan nggak tahu sopan santun, itu baru harus diberi pelajaran...:)

    keep up the good work.

    ReplyDelete